Psikosomatis

Dada Sering Sakit dan Berdebar-Debar Belum Tentu Sakit Jantung, Bisa Psikosomatis

psikosomatisPada suatu sore, datang seorang lelaki muda yang mengeluhkan dada yang sering sakit dan berdebar-debar. Menurut pengakuan yang bersangkutan, sakit ini kerap sekali terjadi dan setiap kali terjadi ia selalu mencari Unit Gawat Darurat pada rumah sakit terdekat. Namun setelah diperiksa dan menjalani serangkaian observasi pada sebuah rumah sakit maka tidak ditemukan penyakit apapun. Lekaki ini hanya diberikan obat relaksan dan obat sakit maag.

Kejadian seperti ini mungkin bisa saja terjadi pada orang-orang disekitar kita. Dalam ilmu psikologi  gangguan-gangguan tersebut disebut dengan Psikosomatis. Nah, biasanya kasus-kasus psikosomatis tersebut di picu oleh kondisi stres pikiran yang tidak teratasi sehingga menimbulkan gejala-gejala penyakit fisik.

Pada gangguan psikosomatis ditemukan gejala-gejala seperti: Jantung berdebar, mual, cemas, nyeri pada otot, mulut kering, sakit dada, sakit kepala, sakit perut, napas menjadi cepat, buang-buang air dan sebagainya dan semuanya ini disebabkan karena pikiran-pikiran yang stres dan gundah.

Gejala-gejala fisik yang disebutkan diatas disebabkan oleh karena aktivitas impuls pada saraf dari otak ke berbagai bagian tubuh meningkat atau bisa juga disebabkan oleh karena pelepasan hormon adrenalin ke dalam darah.

Cara Mengatasi Psikosomatis Dengan Hipnoterapi

Cara mengatasi psikosomatis dengan efektif adalah menggunakan teknik Hipnoterapi. Teknik Hipnoterapi adalah terapi yang menggunakan metode Hipnosis sebagai dasarnya. Hipnosis adalah kondisi alamiah manusia ketika dalam keadaan yang rileks, santai dan nyaman. Karena dalam kondisi ini seseorang menjadi lebih mudah diberikan saran dan masukan.

Menurut Kang Suci, Founder dari Rumah Hipnoterapi di Jakarta teknik hipnoterapi cukup efektif untuk mengatasi masalah-masalah psikosomatis dengan prosentase sekitar sembilan puluh persen dengan durasi antara empat sampai dengan enam kali sesi hipnoterapi.

Meskipun hipnoterapi cukup efektif untuk menangani gangguan-gangguan psikosomatis namun hipnoterapi sifatnya komplementer atau terapi yang sifatnya pelengkap dari terapi medis yang dilakukan oleh dokter melalui pemeriksaan dan pemberian obat-obatan.  Untuk menggunakan jasa layanan hipnoterapi untuk mengatasi gangguan ini dapat menghubungi Hotline Rumah Hipnoterapi di Nomor 0812-94-2727-69 (Call/WA)

53/Art/RH

Leave a Reply