Phobia Lubang

Mengatasi Phobia Lubang dengan Teknik Hipnoterapi

Phobia LubangRasa takut yang berlebihan pada sesuatu objek yang sifatnya spesifik di sebut dengan Phobia. Bagi penderita phobia, ketakutan yang berlebihan ini dapat menimbulkan efek, respon atau pun sensasi yang berbeda-beda pada setiap orang. Phobia banyak jenisnya, salah satu diantaranya adalah Phobia Lubang atau yang disebut dengan Trypophobia. Dalam beberapa kasus Trypophobia akan menurunkan nafsu makan penderitanya. Kata “Trypophobia” ditemukan pada tahun 2005, meskipun sampai saat ini Lembaga Statistical Manual of Mental Disorders dan American Psychiatric Association’s Diagnostic tidak mengakui kondisi ini sebagai phobia.

Phobia akan lubang sama halnya dengan phobia-phobia yang lainnya meskipun phobia lubang sangat jarang kita dengar di telinga kita. Para penderita phobia lubang akan bereaksi ketika melihat, mendengar dan merasakan suatu objek yang berbentuk lubang, biasanya lubang yang bentuknya kecil atau asimetris.

Satu hal yang unik dari penderita phobia lubang ini adalah biasanya penderita phobia akan lubang ini pada awalnya tidak mengetahuinya hingga sampai akhirnya ketakutan yang berlebihan terhadap lubang ini menjadi sensasi yang dahsyat sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderita ketika terlihat secara langsung oleh penderita.

Lubang-lubang kecil yang ditakutkan oleh penderita phobia lubang biasanya adalah lubang kecil yang ada pada tanaman, gelembung pada adonan kue, terumbu karang, jamur atau sarang lebah sampai akhirnya dapat memicu reaksi fisik diantaranya: mual dan gatal serta perasaan yang tidak nyaman. Ketika perasaan sudah sangat tidak nyaman maka akan menimbulkan reaksi mental secara tiba-tiba seperti serangan panic yang tidak terkendali dan setelah itu penderita akan lemas.

Cara Mengatasi Phobia Lubang

Para ahli psikologi dan mental hingga saat ini belum mengetahui asal usul serta penyebab dari kondisi tidak normal ini. Tidak ada diagnose lanjutan atau alat tes untuk memeriksa phobia jenis ini. Namun banyak yang meyakini kondisi tidak normal ini terjadi sejak penderita masih berusia anak-anak hingga remaja.

Untuk mengatasi Phobia Lubang ini adalah dengan berupaya untuk mengurangi rasa takut, hipnoterapi sangat dimungkinkan untuk memberikan treatment dan pemahaman baru tentang rasa takut dan lubang. Sugesti yang diberikan oleh seorang hipnoterapis akan masuk ke dalam pemahaman seseorang melalui critical area. Seorang ahli hipnoterapi akan mampu memandu penderita phobia akan lubang ini untuk memasuki rileksasi dan memberikan sugesti. Untuk mendapatkan bantuan seorang ahli hipnoterapi dapat di lihat di sini.

18/Art/RH

Leave a Reply