Mengatasi Depresi Secara Islami

Bagaimana Mengatasi Depresi Secara Islami

Mengatasi Depresi Secara IslamiHidup di jaman modern yang semakin kompleks ditambah dengan dinamika perkembangan kehidupan modern yang serba cepat sangat mempengaruhi perubahan psikis seseorang. Psikis dan mental seseorang menyesuaikan dengan gaya hidup masa kini. Hal ini tentu saja banyak permasalahan yang melanda masyarakat modern terutama tekanan psikis dan ganguan-gangguan mental. Saat ini banyak sudah metode atau pun cara­-cara untuk mengatasi stres, ketegangan dan depresi namun apakah metode-metode tersebut sesuai dengan kaidah-kaidah para penderita depresi dari kalangan umat Islam. Dalam artikel ini mari kita kupas cara mengatasi depresi secara islami.

Menurut Bapak Suci Riadi Prihantanto, C.Ht., Akp Founder dari Rumah Hipnoterapi dalam Kajian Ilmiahnya di Masjid Al Mubarok, Rawamangun, Jakarta Timur beberapa waktu yang lalu mengatakan bahwa sebenarnya ketenangan hidup dan ketentraman jiwa seseorang itu tidak tergantung kepada faktor sosial, ekonomi dan politik atau faktor-faktor eksternal lainnya namun pada dasarnya bergantung kepada cara pandang dan sikap kita dalam menghadapi faktor-faktor eksternal tersebut.

Mengatasi depresi secara Islami sudah diatur oleh Allah SWT, hanya saja mungkin bagi penderita depresi semua ini menjadi “gelap” karena kebanyakan penderita depresi hanya memfocuskan pada penyembuhan depresi. Padahal Allah SWT sudah mengaturnya. Contoh saja pada Surat An-Nuh ayat 10-12 bahwa Allah SWT memerintahkan kepada hambanya untuk selalu ber-istighfar dalam setiap keadaan dan ketika menghadapi permasalahan atau bisa kita lihat juga pada Surat Yusuf ayat 87 yang artinya: “Jangan kamu berputus asa dari Rahmat Allah, Sesungguhnya tidak berputus asa dari Rahmat Allah Kecuali Kaum yang Kafir”.

Stres, Frustasi, Depresi dan Putus Asa dapat dikatakan bahwa antara keinginan dan kenyataan tidak berbanding lurus. Untuk mengatasi depresi secara Islami, selain kita merenungkan contoh dari kedua ayat tersebut, kita juga harus berupaya untuk menurunkan setiap keinginan-keinginan kita.

Salah satu cara mengatasi depresi secara Islami dan menurunkan setiap keinginan-keinginan yang mengebu-gebu adalah dengan cara berzikir. Melalui zikir yang dilakukan oleh penderita depresi akan berefek menenangkan. Zikir merupakan cara mengatasi depresi secara Islami yang dapat dilakukan kapan pun.

Seharusnya zikir menjadi satu-satunya cara mengatasi depresi secara Islami namun terkadang penderita masih membutuhkan seorang konselor untuk menuntaskan akar permasalahan dari penderita depresi. Informasi, konseling dan terapi tentang cara mengatasi depresi secara Islami dapat menghubungi Hotline Rumah Hipnoterapi di 0812-94-2727-69.

22/Art/RH

Leave a Reply