Membangun Pola Hidup Sehat

Membangun Pola Hidup SehatSeiring dengan perkembangan jaman, manusia saat ini penuh dengan perkembangan dan perubahan yang drastis, yang mengarah kepada pola hidup masyarakat yang semakin memperburuk hidup mereka sendiri.  Tuhan menciptakan manusia dengan susunan yang sangat kompleks, saking kompleksnya manusia butuh kesimbangan hidup antara kesehatan Rohani dan Jasmani. Apa artinya harta yang berlimpah ketika kita menderita suatu penyakit. Kita tidak bisa menggunakannya bukan? Dengan uang yang kita miliki bisa saja kita pergi ke dokter namun tentunya upaya ini bukanlah upaya untuk “Membeli” Kesehatan.  Membangun pola hidup yang sehat merupakan salah satu cara bersyukur terhadap nikmat yang Tuhan berikan kepada kita.

Sebuah kenyataan dan fakta bahwa perubahan hidup yang frontal, mengindikasikan kalau manusia mengarah kepada instan life. Lihat saja kalau dulu orang memilih jalan kaki atau bersepeda, namun saat ini ? (bukan berarti tidak boleh memakai kendaraan bermotor) atau coba kita lihat kalau dulu mencuci harus mengambil dari sumur, kemudian mencucinya memakai tangan, yang terjadi sekarang ?

Dengan kemajuan teknologi saat ini sebagian orang semakin memperburuk hidup mereka, lihat saja seperti rokok, televisi, internet, game online, dll. Memang kita tidak bisa menjudge sesuatu hanya dengan melihat luarnya saja, karena semua itu kembali ke pribadi masing – masing. Membangun pola hidup sehat adalah sebuah pilihan dan pola piker merupakan salah satu kuncinya.

Sangat tidak mudah menjaga komitmen untuk terus berdisiplin membangun pola hidup sehat. Wisata kuliner yang memanjakan lidah ada dimana-mana. Perlu dukungan keluarga, sahabat, komunitas sosial yang positif untuk mempertahankannya, dengan cara-cara yang sebenarnya cukup sederhana, murah, mudah.

Jika hidup kita dapat seimbang dengan membangun pola hidup sehat sejak dini, maka kita dapat setidaknya memperpanjang masa hidup kita walaupun apa yang namanya hidup dan mati merupakan kuasa dari Tuhan.

Segalanya mungkin terjadi bila kita bisa memulainya dari membangun pola hidup sehat sejak dini dengan disiplin. Mari budayakan gaya hidup sehat dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan untuk membangun Indonesia sehat.

 022/U

Leave a Reply