Manfaat Hipnoterapi Untuk Kesehatan

HypnotherapyPBagi sebagian orang kata “hipnoterapi” belum begitu familiar namun tak sedikit pula orang yang tahu apa itu hipnoterapi. Pada kesempatan kali ini, Rumah Hipnoterapi akan menjelaskan apa itu Hipnoterapi dan apa manfaat hipnoterapi untuk kesehatan.

Sebelum kita membahas tentang manfaat hipnoterapi untuk kesehatan, maka kita akan menyamakan persepsi terlebih dahulu tentang arti hipnoterapi. Hipnoterapi adalah jenis terapi komplementer yang diatur oleh Permenkes Nomor 103/2014 Tentang Pelayanan Kesehatan Komplementer. Salah satu terapi “Olah Pikir” yang menggunakan metode Hipnosis dalam setiap tindakan terapinya, sedangkan hipnosis merupakan kondisi alamiah manusia ketika manusia itu sedang dalam kondisi yang rileks, santai, nyaman dan focus.

Mengapa kondisi hipnosis menjadi sangat istimewa dalam hipnoterapi? Hal ini dikarenakan dalam kondisi hipnosis manusia dapat dengan mudah diberikan saran, masukan, ide untuk tujuan tertentu dalam hal ini sesuai dengan apa yang dikeluhkan oleh klien atau pasien. Apakah kondisi hipnosis ini aman? Jelas ! Sangat aman, karena ide, saran atau sugesti yang diberikan tidak akan pernah bisa diterima oleh klien jika bertentangan dengan nilai-nilai susila, sosial bahkan agama yang dianut oleh pasien atau klien itu sendiri.

Dan dalam kaitannya dengan kesehatan Hipnoterapi sangatlah berbeda dengan Stage Hypnotism yang dilakukan pada acara-acara televise meskipun sama-sama menggunakan metode hipnosis untuk keperluannya. Hipnoterapi digunakan untuk masalah-masalah yang sifatnya kesehatan psikologis dan membantu penyembuhan penyakit fisik sedangkan Stage Hypnotism hanya digunakan untuk kepentingan hiburan sehingga sugesti yang diberikannya pun tidak permanen.

Lantas Apa Manfaat Hipnoterapi Untuk Kesehatan?

Sebenarnya banyak hal yang dapat dibantu dengan metode hipnoterapi, asalkan semua hal yang berkaitan dengan emosi dan pikiran termasuk membantu penyembuhan penyakit fisik berat melalui mental dan psikologisnya. Berikut kasus-kasus yang pernah ditangani melalui metode hipnoterapi: Depresi, Stres, Phobia, Insomnia, Kurang Percaya Diri, Cemas yang berlebihan, Luka Batin, Malu yang berlebihan, Sering Menunda Pekerjaan, Berhenti Merokok, Kebiasaan Buruk Onani atau Masturbasi, Kecanduan Games dan Kecanduan Belanja, Psikosomatis dan masih banyak lainnya.

Untuk penyakit-penyakit secara fisik, melalui metode hipnoterapi, Rumah Hipnoterapi pernah menangani kasus: membantu penyembuhan diabetes dengan pemberian sugesti pengolaan pola makan dan olahraga yang teratur. Kasus-kasus lain seperti Hipertensi, Kanker, Anoreksia, dapat dibantu dengan hipnoterapi.

Untuk informasi yang berkaitan dengan hipnoterapi di Jabodetabek dapat menghubungi Rumah Hipnoterapi, sebagai Pusat Layanan Terapi Komplementer Hipnoterapi di Jabodetabek yang dapat juga berkonsultasi masalah kesehatan fisik berkaitan dengan masalah emosional dengan metode Kedokteran Timur (Traditional Chinese Medicine).

08/Art/RH

Leave a Reply