Kecerdasan Spiritual Anak

kecerdasan spiritual anakMengapa pembangunan kecerdasan spiritual anak menjadi penting dalam serangkaian konsep pendidikan yang harus diberikan para orang tua? Hal ini dikarenakan kedalaman spiritual adalah daar yang harus dimiliki oleh anak demi mencapai akhlak/budi pekerti yang baik dalam bekalnya mengarungi kehidupan di dunia. Sehingga, bidang apa pun yang akan ditekuni oleh anak di kemudian hari dapat sesuai dengan nilai-nilai spiritualitas, dengan cara seperti ini anak akan mencapai kesuksesan baik di dunia dan di akhirat.

Kecerdasan spiritual anak di tunjukkan dengan kemampuan menyadari diri sendiri, kemampuan untuk bisa menghadapi penderitaan, tidak melakukan kerusakan/menyakiti orang lain, kemampuan untuk menghadapi kesulitan yang dihadapi dan yang paling ditekankan adalah kemampuan individu untuk bisa memaknai setiap tindakan dan tujuan hidupnya. (Menurut Danah Zohar)

Seorang anak yang memiliki dan merasakan Tuhan akan mengalami transcendental, baik secara fisi maupun secara material.  Ia mencapai kesadaran kosmos yang menggabungkan dia dengan alam semesta. Ia merasa bahwa alam semestanya tidak terbatas pada apa yang disaksikan dengan alat-alat indrawinya.

Kemampuan kecerdasan spiritual anak dapat dilihat dari bagaimana praktik dan aplikasi keagamaan individu terinternalisasi atau menyatu dalam kehidupannya.  Karena orang yang cerdas secara spiritual tidak memecahkan persoalan hidup hanya secara rasional atau emosional saja. Ia menghubungkannya dengan makna kehidupan secara spiritual. Ia merujuk pada warisan spiritual -seperti teks-teks Kitab Suci atau wejangan orang-orang suci untuk memberikan penafsiran pada situasi yang dihadapinya. Kecerdasan spiritual  ini  berada  di  bagian  diri  yang  paling  dalam  yang  berhubungan langsung  dengan  kearifan  dan  kesadaran  yang  dengannya  manusia  tidak hanya mengakui nilai-nilai yang ada tetapi manusia secara kreatif menemukan nilai-nilai yang baru.

Setiap  manusia  pada  prinsipnya  membutuhkan  kekuatan  spiritual  ini, karena  kebutuhan  spiritual  merupakan  kebutuhan  untuk mempertahankan/mengembangkan keyakinan dan memenuhi kewajiban agama serta kebutuhan untuk  mendapatkan  pengampunan  mencintai,  menjalin  hubungan  dan  penuh rasa percaya dengan sang penciptanya. Kecerdasan  spiritual  anak ini  sangat  penting  dalam  kehidupannya  sebagai manusia, karena dengan adanya kecerdasan spiritual ia akan mampu untuk membedakan yang  baik  dengan  yang  buruk,  memiliki  rasa  moralitas yang baik.

011/U

Leave a Reply