Kecanduan Game Online

Agar Anak tidak Kecanduan Game Online, Gadget dan Internet

kecanduan game onlineSuatu sore, saat hujan mulai membasahi bumi ini di Hari Sabtu, suasana ruang konseling di Klinik Rumah Hipnoterapi kembali di warnai isak tangis seorang ibu yang mengeluhkan anaknya, seorang remaja pria yang berusia lima belas tahun tidak lagi mau melanjutkan sekolahnya, sebut saja si Fulan yang menurut pengakuan dari ibunya kecanduan game online.

Menurut keterangan dari ibunya, si Fulan sudah hampir tiga minggu tidak masuk sekolah. Hari-harinya si Fulan selama ini hanya dihabiskan dengan makan, tidur, dan bermain game online, gadget dan internet bahkan ia mandi tiga kali dalam seminggu. Bisa kita bayangkan bukan bagaimana kesedihan orang tuanya melihat anaknya seperti ini.

Allah SWT memberikan amanah kepada kita para orang tua melalui anaknya. Tak jarang ketika para orang tua dalam menjalankan amanahnya mengalami masalah dan kendala dalam mendidik putra-putrinya, salah satunya adalah kecanduan game online ini.

Di zaman modern ini, permainan game online yang bisa diakses melalui PC/Laptop atau pun Gadget sudah sangat menjamur, permainannya pun bermacam-macam dan ini merupakan dampak teknologi informasi yang tidak bisa dihindari. Adanya cara mendapatkan akses internet yang sangat mudah, mau tidak mau menimbulkan permasalahan baru, khususnya bagi anak-anak dan remaja yaitu: kecanduan game online.

Mengapa Seorang Anak bisa Kecanduan Game Online, Gadget dan Internet?

Dari pertanyaan diatas, jawabannya cukup sederhana yaitu: “KENYAMANAN”. Karena didalam sebuah game ada permainan yang menarik, menghibur dan membuat pemainnya menjadi penasaran.

Ketika seorang anak mengalami suatu kejenuhan/kebosanan dan kurangnya waktu orang tua yang berkualitas akibat terjebak dalam rutinitas kesehariannya, maka seorang anak akan cenderung mencari kenyamanan di tempat lain, yang nota bene bisa ia jangkau dengan mudah.

Memang tidak salah ketika orang tua memberikan fasilitas PC/Laptop, Gadget, Internet kepada anaknya tapi semua itu akan menjadi boomerang ketika seorang anak malah mendapatkan kenyamanannya disana daripada mendapatkan kenyamanan dari sosok kedua orang tuanya.

Bagaimana Agar Anak Tidak Kecanduan Game Online, Gadget dan Internet?

  1. Sebagai orang tua sediakan waktu yang berkualitas.
  2. Lakukan pembatasan waktu dalam bermain game online, gadget dan internet.
  3. Berikan tanggung jawab pekerjaan ringan sesuai dengan usianya.
  4. Berikan Reward and Punishment.

Untuk menghadapi anak yang sudah kecanduan game online, gadget dan internet, orang tua harus memiliki rasa sabar dan belajarlah untuk memahami dunia anak atau bisa mengkonsultasikan masalah kecanduan game online, gadget dan internet ini kepada kami melalui Hotline Rumah Hipnoterapi di 0812-94-2727-69 (Call/WA)

31/Art/RH

Leave a Reply