Ini Yang Wajib Diketahui Orang Tua

anakSetiap Orang tua pasti menginginkan anaknya sukses dalam kehidupannya kelak. Banyak orang tua yang berpendapat bahwa kesuksesan seorang anak diukur dengan suksesnya seorang anak di bangku sekolah. Nilai-nilai mata pelajarannya masih menjadi patokan keberhasilan seorang anak, oleh karena itu, tak jarang para orang tua memberikan pelajaran-pelajaran tambahan bagi para anak-anaknya demi meraih kesuksesan di sekolah.

Sebenarnya pemberian pelajaran tambahan tersebut tidaklah salah asal sesuai dengan kebutuhan anak dan memang sebagai orang tua harus bijak dalam mengambil keputusan untuk memberikan pelajaran tambahan. Jika seorang mengalami kelemahan pada salah satu bidang mata pelajaran dan diperlukan pelajaran tambahan untuk mata pelajaran tersebut, maka pemberian pelajaran tambahan itu diperlukan.

Namun tak jarang juga para orang tua memberikan pelajaran tambahan untuk semua mata pelajaran padahal anaknya tersebut nilainya cukup bahkan diatas nilai KKM tanpa harus mengikuti tambahan pelajaran. Oleh karena itu Rumah Hipnoterapi yang salah satu layanannya adalah Hipnoterapi Anak, sangat menyarankan kepada orang tua agar lebih bijak dalam mengambil keputusan pemberian pelajaran tambahan atau les bagi anak-anaknya.

TIGA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN ORANG TUA

Waktu Yang Berkualitas
Banyak kasus-kasus yang ditangani oleh Rumah Hipnoterapi melalui layanan Hipnoterapi Anak dikarenakan anak yang menginginkan perhatian orang tuanya. Kesibukan orang tua dengan aktivitasnya yang padat membuat waktu yang berkualitas bersama anak menjadi berkurang. Sering bepergian bersama keluarga di akhir minggu tidak menjamin adanya waktu yang berkualitas bersama anak.

Pahami Gaya Belajar Anak
Banyak orang tua yang berkonsultasi mengeluhkan anaknya malas belajar, hanya bermain-main saja. Setelah dilakukan konseling di dapatkan bahwa sang anak tidak mengalami kesulitan dalam belajar malah nilai prestasinya diatas KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Tapi jelas menganggap sang anak malas belajar dan hanya bermain-main saja. Ini membuktikan bahwa orang tua tersebut tidak memahami gaya belajar anak.

Reward dan Punishment
Reward dan Punishment merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk perkembangan anak. Seorang anak akan merasa sangat dihargai jika diberikan Reward karena upayanya yang maksimal untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan Punishment yang diberikan akan memberikan pengertian bahwa setiap orang memiliki tanggung jawab yang harus dilakukan.

09/Art/RH

Leave a Reply