WeCreativez WhatsApp Support
Halo Holistik Akan Menjawab Pertanyaan Anda.
Hai, Apa yang Bisa Kami Bantu ?

Gangguan Lambung Sebagai Psikosomatik

gangguan lambung sebagai psikosomatikSejak dahulu ketika kita berbicara tentang gangguan lambung, maka sulit dilepaskan dari faktor psikologis dan stress. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang gangguan lambung sebagai psikosomatik. psikosomatik adalah penyakit fisik yang disebabkan oleh pikiran negatif dan/atau masalah emosi. Masalah emosi itu antara lain rasa berdosa, merasa punya penyakit, stress, depresi, kecewa, kecemasan atau masalah emosi negatif lainnya. Gangguan ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalaminya.

Ketika seseorang mengalami stress mempunyai respon terhadap gerakan usus yang menandakan lambung berespon terhadap stress. Pada abad ke-20 Franz Alexander yang terkenal dengan teori psikodinamik terkait psikosomatik mengatakan kepribadian dan konflik psikologis seseorang mempunyai pengaruh terhadap terjadinya penyakit lambung ulkus peptikum dan penyakit peradangan lambung.

Gangguan lambung sebagai psikosomatik dapat berupa penyakit yang kronis dan terus menerus karena dirasakan sangat berhubungan dengan kesehatan jiwa seseorang. Pada beberapa penelitian dikatakan bahwa pasien yang mengalami dispesia fungsional lebih rentan mengalami kecemasan dan bisa mengarah ke depresi jika pengobatan yang tepat belum dilakukan.

Beberapa kasus pasien dengan gangguan cemas panik dan depresi, keluhan lambung lebih sering dikeluhkan daripada keluhan lainnya atau paling tidak keluhan utama kedua setelah jantung berdebar pada pasien gangguan cemas panik. Hal ini semakin menjelaskan adanya hubungan antara stress dan gangguan lambung yang bisa di derita oleh pasien.

Gangguan lambung sebagai psikosomatik dapat di tangani dengan menggunakan metode hipnoterapi yang dilakukan di Klinik Hipnoterapi Jakarta yang proses terapi nya berkisar 90 – 120 menit per sesinya yang di dahului dengan konseling untuk menemukan akar permasalahan dari klien yang menderita gangguan lambung sebagai psikosomatik.

Jadi intinya penanganan gangguan lambung sebagai psikosomatik harus dilakukan secara menyeluruh yang menyentuh aspek mind body connection. Ada dua macam pengobatan untuk gangguan psikosomatik, pengobatan fisik dan mental. Pengobatan fisik disesuaikan dengan penyakit yang diderita. Sedangkan perawatan mental dapat dilakukan dengan hipnoterapi, untuk mendapatkan informasi tentang penanganan gangguan lambung sebagai psikosomatik dapat di akses di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Membangun Pola Hidup Sehat

Seiring dengan perkembangan jaman, manusia saat ini penuh dengan perkembangan dan perubahan yang drastis, yang mengarah kepada pola hidup masyarakat yang semakin memperburuk hidup mereka sendiri.  Tuhan menciptakan manusia dengan

Ketika Kita Menyembah Banyak Tuhan

Manusia tentunya memiliki permasalahan-permasalahan, tidak ada manusia di dunia ini yang tidak memiliki permasalahan. Masalah merupakan gambaran akan sesuatu keadaan yang tidak sesuai antara keinginan atau harapan dengan kenyataannya. Harapan

Konflik Dalam Diri

Timbulnya penyakit dalam diri kita bisa disebabkan oleh adanya konflik dalam diri, adanya dua bagian atau pihak dari diri seseorang yang saling bertentangan. Sebenarnya kalau kita tinjau lebih lanjut lagi,

error: Content is protected !!